DOKTER WIDYA Minta Masyarakat Lebih Hati-hati Merawat Kecantikan

Tokoh Publik85 Dilihat

JAKARTA, ARTIS6.COM □ Masyarakat luas dan khususnya bagi kaum wanita yang hendak merawat kecantikan di klinik estetika, diwanti-wanita agar tetap berhati-hati. Pastikan dulu bahwa dokter yang akan melakukan tindakan bedah, pelangsingan dan lainnya, apakah punya Surat Izin Praktik (SIP) dokter atau tidak?

Peringatan tersebut juga diungkapkan dokter cantik berstatus selebritis yang bergelar lengkap dr Ayu Widyaningrum, MM, Master of AAAM, and Master of IBAMS. Ia juga mewanti-wanti bagi yang ingin mempercantik wajah lewat tindakan di klinik kecantikan hendaklah teliti dan waspada.

“Penting, perlu dipastikan dulu, apakah yang akan melakukan tindakan adalah dokter yang memiliki SIP dokter. Kita juga harus tahu dokter yang menangani kita, sama atau tidak dengan yang tertera di SIP tersebut. Pastikan fotonya di SIP sama dengan dokter yang ada di depan kita. Jangan mau ditangani oleh orang yang berbeda dengan yang di SIP, apalagi oleh perawat,” saran Widya di sela-sela sesi foto di Sugi Salon, Jakarta, Senin (29/10).

Sosialita berusia 27 tahun ini merupakan dokter yang berkecimpung di bidang dermatologi, estetik, dan anti aging. Dia adalah pemilik klinik kecantikan yakni Widya Aesthetic Clinic, di Jalan Ahmad Yani, Kota Banjarmasin. Meski masih relatif muda, namun di bidang kecantikan dan kalangan sosialita, dia sudah dianggap sebagai pakar yang banyak pengalaman. Untuk itu, imbauan Widya agar menjadi perhatian masyarakat.

Pada bagian lain, Widya juga mendesak pemerintah dalam hal ini Departemen Kesehatan (Depkes) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk bekerjasama dalam menciptakan regulasi yang ketat terkait praktik klinik-klinik kecantikan yang marak belakangan ini.

“Jadi, Depkes dan IDI harus bertindak tegas. Klinik yang melanggar izin harus ditertibkan, termasuk sejumlah salon kecantikan yang mengatasnamakan sebagai klinik kecantikan. Tindakan tegas demi melindungi masyarakat. Kalau tidak tegas akan berbahaya bagi pasien yang awam,” tandas dokter berperawakan langsing.

Menurut Widya bahwa dewasa ini minat masyarakat untuk merawat di klinik makin meningkat. “Permintaan terbesar adalah meniruskan wajah karena sekarang memang lagi ngetren. Mereka rata-rata minta pipi dibuat cekung, kadang disertai tindakan rekayasa tulang rahang, sehingga wajah jadi tirus. Tentu saja sebelumnya harus ada konsultasi lebih dulu dan biaaanya dokter memberi rekomendasi,” kata perempuan cantik yang sudah bergelar hajjah itu.

Diakuinya ada beberapa pasien yang suka ngeyel ingin dilakukan tindakan sesuai keinginan sendiri dan tidak mengindahkan rekomendasi. “Kalau sudah kita kasih saran tapi masih ngeyel, selama hal itu tidak berbahaya, ya sudah tetap kita layani namun sebelumnya harus bikin surat pernyataan agar dokter tak disalahkan di belakang hari jika hasilnya tak sesuai,” ucap Widya, mengakhiri. ■ [GUYS]

Jangan Lewatkan

Komentar

News Feed