Manfaat Sit Up dan Jenis Gerakannya Untuk Kesehatan Wanita dan Pria


Sit Up termasuk jenis olahraga yang bisa dilakukan kaum laki-laki maupun wanita. Pada umumnya, manfaat Sit Up sering dikatikan dalam membentuk otot perut. Untuk itulah gerakannya menghasilkan kontraksi kontraksi pada perut. Anda bisa melakukan kapan saja sesuai waktu luang, baik pagi hari maupun sebelum tidur.


Manfaat Sit Up untuk Kesehatan
Selain membuat tubuh sixpack, gerakan Sit Up membuat kesehatan terjaga. Untuk mendapatkan manfaat, usahakan rutin melakukan sit up walaupun beberapa menit saja. Berikut ada manfaat yang didapat, yaitu:
Melancarkan Peredaran Darah


Melakukan Sit Up secara rutin mampu melancarkan peredaran darah sehingga terhindar dari gangguan kesehatan. Yang terpenting cara Sit Up benar baik gerakan maupun posisi sehingga hasilnya maksimal.
Memperkuat Otot


Manfaat Sit Up selanjutnya adalah memperkuat semua otot sehingga membuat tubuh selalu bugar dan semangat menjalani rutinitas. Gerakannya mampu memperkuat beragam otot tubuh, diantaranya adalah:


Otot kaki


Rutin melakukan Sit Up bagus untuk kekuatan otot kaki sehingga mobilitas tubuh terjaga [4].


Otot punggung


Untuk mendapatkan manfaat otot punggung, pastikan melakukan Sit Up setiap hari. Dengan begitu otot punggung kuat dan mampu menyelesaikan rutinitas Anda, apalagi otot punggung termasuk kelompok otot inti [4].


Fleksor punggung


Sit Up bagus untuk fleksor punggung yang bertugas menghubungkan stabilisator yang memudahkan Anda melakukan gerakan menekuk dan memutar.


Otot penstabil


Rutin melakukan Sit Up membuat otot penstabil melakukan tugasnya dengan baik, apalagi otot penstabil bertugas menghubungkan berbagai kelompok otot untuk menyempurnakan kemampuan Anda melakukan rutinitas dengan baik.


Menjaga Kestabilan Gerakan
Manfaat Sit Up mampu menjaga kestabilan gerakan tubuh. Yang utama kestabilan perut dan kestabilan tubuh lainnya, yaitu pinggul, lengan, bahu dan leher [1].


Bagus untuk Kekuatan Otot Inti


Manfaat Sit Up untuk melatih kekuatan otot inti atau komponen penting otot untuk pencapaian kinestetik. Sementara otot inti terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu:


Otot dan persendian pinggul


Otot tersebut harus dipertahankan agar tidak mengalami gangguan kesehatan otot seperti osteoartritis. Otot tersebut bertugas memudahkan Anda saat bergerak dan membungkuk, rutin Sit Up membuat otot dan persendian pinggul bekerja dengan baik [4].


Otot punggung bawah


Otot punggung bawah rawan terhadap cedera karena bertugas melakukan angkat beban, Anda bisa memperkuat otot tersebut dengan Sit Up secara rutin.
Otot-otot panggul


Manfaat Sit Up bagus untuk otot-otot panggul yang menjadi komponen penting menjaga keseimbangan tubuh laki-laki maupun wanita. Wanita yang rutin melakukan Sit Up, otot pinggulnya semakin kuat dan mudah melakukan aktivitas.


Otot-otot perut


Sit up membuat otot-otot perut mendukung penuh aktivitas berat dan gerakan Anda. Otomatis, mudah melakukan berbagai jenis aktivitas dan pekerjaan yang berat [4].


Jenis Gerakan Sit up yang Dilakukan di Rumah


Sit up memang bagus untuk kesehatan laki-laki maupun wanita, tetapi teknik gerakannya harus tepat. Jika belum mahir gerakan Sit Up lebih baik lakukan dengan ahlinya, tetapi jika mahir bisa dilakukan di rumah. Berikut ada gerakan Sit Up yang bisa dilakukan di rumah:


Sit Up V-Ups
Sit Up Weighted Crunch
Sit Up Standard Crunch
Sit Up Bicycle Crunch
Full Sit Up


Anda bisa melakukan gerakan sit up dengan bantuan tenaga ahli jika kurang percaya diri melakukan Sit Up sendiri. Pastikan posisi tubuh dan gerakan sesuai dengan peraturan gerakan agar manfaat Sit Up dirasakan [3].


Hal yang dilakukan Saat Sit Up


Sebelum dan sesudah Sit Up, tubuh harus fit sehingga berstamina melakukan Sit Up. Anda bisa minum AQUA sebelum dan sesudah berolahraga karena kaya kandungan, kandungan bikarbonat menjaga kadar kolesterol darah dan menurunkan kadar lemak jahat dan meningkatkan kadar lemak baik.


Ada juga natrium yang mampu mengatasi sembelit saat berolahraga, Anda fokus melakukan Sit Up karena sembelit cepat hilang, alasannya karena kandungan tersebut menarik air AQUA ke rongga usus dan melunakkan tinja, selanjutnya meningkatkan pergerakan usus sehingga bebas sembelit [2].


Untuk kandungan Selenium mampu meningkatkan imunitas tubuh sehingga tetap sehat walaupun rutinitas padat. Anda bisa melakukan Sit Up setiap hari walaupun sibuk karena daya imunnya kuat.


AQUA terjamin kandungan kualitasnya sehingga mineralnya tidak tercemar bahan berbahaya. Apalagi AQUA memiliki 3 perlindungan, yaitu melindungi ekosistem sumber daya airnya, melindungi penuh kealamian mineral pada sumber daya air dan lebih seksama melindungi kualitas air mineral.


AQUA berkomitmen memperhatikan ekosistem sekitar sumber daya air dan merawatnya dengan baik.

AQUA mengambil air tersaring pasir maupun batuan vulkanis sehingga mineralnya murni dan terlindungi. Apalagi proses teknologi dan pengemasan AQUA diperhatikan dan melalui standar air mineral terbaik untuk masyarakat [2].
Memilih air mineral adalah keharusan sehingga kesehatan keluarga terjaga.

AQUA adalah pilihan cerdas menjaga kesehatan keluarga karena terbukti kualitasnya, apalagi AQUA sudah 48 tahun menjadi air minum kemasan terbaik dan teman melakukan Sit Up. Anda mendapat manfaat Sit Up secara penuh karena dukungan kandungan AQUA [2].

Sumber:
1.https://www.alodokter.com/perut-terlihat-kencang-berkat-manfaat-sit-up
2.https://www.sehataqua.co.id/aturan-ideal-minum-air-putih-yang-baik-untuk-kesehatan/
3.https://sports.okezone.com/read/2021/05/11/43/2409250/macam-macam-gerakan-sit-up-dan-fungsinya-apa-saja?page=2
4.https://doktersehat.com/manfaat-sit-up/

Komentar