Pengguna Kendaraan Listrik Terus Bertambah, PLN Ajak Pihak Swasta Kembangkan Ekosistem EV

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran (kanan) usai menandatangani perjanjian kerja sama penyediaan SPKLU dengan Direktur PT Exelly Elektrik Indonesia (Voltron), Abdul Rahman Elly (kiri)

Jakarta, 3 Juli 2024 – Dorong penggunaan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (KLBB), PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya bekerja sama dengan pihak swasta untuk menambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Jakarta. Kali ini, PLN bekerja sama dengan PT Listrik Anugerah Divina dan PT Exelly Elektrik Indonesia (Voltron) untuk menyediakan 5 unit SPKLU di kantor PLN Pusat Blok M dan 1 unit SPKLU di Pantai Indak Kapuk.

Melalui kerja sama ini, PLN berkomitmen menyediakan pasokan listrik serta platform teknologi informasi dan komunikasi di SPKLU, sedangkan pihak swasta menyediakan peralatan SPKLU serta pengoperasian dan pengelolaan SPKLU tersebut.

Penandatanganan perjanjian kerja sama penyediaan SPKLU antara General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran (kiri) dengan Direktur PT Listrik Anugerah Divina, Arwi Rahman Elly (kiri)

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran mengatakan bahwa PLN sangat terbuka untuk bekerja sama dengan pihak swasta maupun investor untuk bersama-sama melakukan pengembangan ekosistem kendaraan listrik, khususnya pembangunan SPKLU di Jakarta.

“Bisnis SPKLU merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan, kita bisa liat, bahwa saat ini pengguna mobil listrik, khususnya di Jakarta semakin bertambah. Dengan semakin banyak kendaraan listrik, tentu SPKLU juga akan kita tambah terus,” ujar Lasiran.

Mobil listrik sedang melakukan pengisian daya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum PLN Unit Induk Distribusi Jakarta

Jumlah SPKLU di Jakarta saat ini berjumlah 124 SPKLU yang tersebar di seluruh Jakarta. Kebanyakan SPKLU ini terletak di lokasi-lokasi strategis, seperti di tempat parkir umum, mall, terminal, stasiun, kantor-kantor pemerintahan, hingga rest area.

“Lokasi SPKLU berada di tempat-tempat strategis dibangun untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses dan melakukan pengisian daya kendaraan listrik mereka,” tambah Lasiran.

Penandatanganan perjanjian kerjasama ini menandakan komitmen PLN UID Jakarta Raya untuk menyediakan infrastruktur kendaraan listrik di Jakarta

Berdasarkan data yang dihimpun oleh PLN UID Jakarta Raya, penggunaan SPKLU di Jakarta pada bulam Mei 2024 meningkat sebanyak 147 persen dibandingkan bulan Mei tahun lalu.

Pengguna kendaraan listrik dapat dengan mudah mengetahui lokasi-lokasi SPKLU dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile, menu Electric Vehicle. Pengguna dapat mengecek lokasi SPKLU terdekat dari lokasi mereka dan melalukan pengisian daya mobil listrik, hanya melalui aplikasi PLN Mobile.

Narahubung:
Haris Andika
Senior Manager Komunikasi dan Umum
PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya
021 3455000

Sekilas Tentang PLN UID Jakarta Raya
PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya adalah salah satu unit di bawah PT PLN (Persero) yang menjalankan fungsi pendistribusian listrik sampai ke pelanggan. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. Mengimplementasikan aspirasi tersebut uyang dengan tetap mendukung program Pemprov Jakarta, PLN UID Jakarta Raya melengkapi dengan Jakarta Smart Electricity (JSE) 3.0 dengan 6 pilar yaitu Smart Services, Smart Business, Smart Infrastructure, Smart Living, Smart Mobility, dan Smart Sustainibility. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.

Jangan Lewatkan

Komentar

News Feed