Simak Tips Memulai Bisnis Online dari Nol

Bisnis online merupakan salah satu metode bisnis yang sekarang ini menjadi pilihan mayoritas pengusaha dan pedagang. Mereka yang terlebih dahulu sudah memiliki bisnis konvensional, secara perlahan bergeser ke bisnis online. Oleh karena itu, bagi para pemula, lebih baik kalau ingin memulai bisnis, langsung saja mengangkat konsep bisnis online. Baca artikel ini sampai habis untuk tips memulai bisnis online dari nol.
Salah satu keunggulan dari bisnis online adalah bisa dilakukan oleh semua orang. Tak memandang dia pengusaha besar berpengalaman atau hanya pemula. Dalam dunia bisnis online, semuanya memiliki kesempatan terbuka untuk menawarkan produk atau jasa yang dia jual.
Bagi Anda yang berniat untuk memulai bisnis online, maka Anda harus memperhatikan berbagai hal agar bisnis online bisa dirintis secara benar. Berikut ini ada delapan tips memulai bisnis online dari nol.

8 Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

1.Tentukan Fokus Bisnis

Dalam pembahasan ini konteksnya Anda belum memulai bisnis apapun. Oleh karena itu untuk memulainya diperlukan untuk memilih fokus bisnis yang akan dijadikan bisnis online. Anda bisa mencarinya bersama calon rekan bisnis atau keluarga terdekat. Cari produk yang diinginkan pasar, yang pesaingnya tidak terlalu banyak, yang bisa dioptimasi menggunakan media sosial. Dari awal membuka bisnis, Anda harus paham hal-hal tersebut.
Tak hanya produk fisik, Anda juga bisa menjual jasa secara online. Bisnis jasa secara online bisa dibilang lebih menjanjikan dan memerlukan modal lebih sedikit.

2. Dalami Fokus yang Dipilih

Setelah memutuskan fokus bisnis online yang dipilih, maka akan muncul produk atau jasa yang akan dijual secara online. Produk atau jasa itulah yang harus Anda dalami sedetail mungkin.
Meski seorang pemula bisnis online, namun Anda tidak boleh terlihat pemula saat melayani dan mengirim produk ke konsumen. Pastikan semuanya profesional dan berkualitas.
Setelah Anda menguasai produk atau jasa yang akan ditawarkan, maka Anda bisa melanjutkan persiapan bisnis online ke tahap selanjutnya.

3. Buat Rencana Bisnis

Setelah produk atau jasa yang akan ditawarkan sudah pasti, maka waktunya untuk menyusun rencana bisnis. Hal ini meliputi jumlah modal yang dibutuhkan, metode penyetokan produk, metode penjualan, taksiran biaya operasional, hingga perkiraan harga jual yang bersaing di pasaran.
Rencana bisnis ini sangat penting agar Anda tidak meraba-raba saat sudah memulai bisnis online.

4. Tentukan Model Bisnis Online

Bisnis online ada berbagai model, antara lain menjadi dropshipper, reseller, hingga nyetok barang secara real. Reseller dan dropshipper bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sangat pemula karena tidak membutuhkan modal uang yang besar.
Apabila Anda sudah memiliki modal yang cukup, lebih baik menyetok barang sebelum dijual karena harga akan bisa lebih bersaing.

5. Buat Akun Medsos Untuk Bisnis Online

Media sosial akan sangat penting untuk optimasi bisnis online. Alangkah baiknya Anda menyiapkan akun media sosial khusus untuk produk atau jasa yang akan Anda jual. Anda bisa mengunggah segala promosi di akun tersebut. Hal ini bisa memberikan kesan lebih profesional daripada Anda berjualan langsung di akun medsos pribadi. Lebih baik kamu posisikan akun pribadi sebagai pemilik dari akun bisnis online yang Anda rintis.

6. Buka Toko Online

Sebelum siap berjualan, Anda perlu membuat toko online agar bisnis Anda menjadi semakin terpercaya. Salah satu toko online yang direkomendasikan adalah Blibli, cara membuka toko online di Blibli sangatlah mudah. Anda hanya perlu nama toko online, kartu identitas, nomor rekening, dan nomor ponsel yang aktif.
Keuntungan membuat toko online di Blibli sangatlah banyak. Toko online Anda akan lebih dipercaya oleh konsumen, proses jual beli lebih mudah dengan jaminan gratis ongkir.

7. Promosikan Toko Online

Segera unggah produk atau jasa yang Anda tawarkan ke toko online. Setelah toko online siap, Anda harus memiliki rencana promosi toko online. Gunakan media sosial untuk meraih lebih banyak calon konsumen. Selain itu, apabila toko online Anda di Blibli, maka Anda akan diberi kemudahan untuk berpromosi dengan hadiah modal promosi hingga Rp5,4 juta. Dapatkan modal promosi dengan menyelesaikan berbagai misi untuk toko online mu.

8. Sabar & Gigihlah

Tips memulai bisnis online terakhir adalah selalu sabar dan gigih. Setelah semua persiapan dilakukan dengan baik dan terstruktur. Anda harus terus sabar dan gigih. Berjualan online bukan perkara satu hari dua hari. Bisnis online harus bisa jangka panjang, sehingga sangat diperlukan kesabaran dan kegigihan agar kesuksesan bisa didapat.

Jangan Lewatkan

Komentar

News Feed